RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Negeri 2 Kuningan
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Topik : Berbagai hal terkait dengan interaksi antara
guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Pertemuan ke- : 5 - 10
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran (6 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang
akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang, dan telah
dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.1 Siswa
mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Siswa
menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7 Siswa
menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang
akan sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Siswa menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/
terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.1 Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.2 Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
3.7 Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa mampu menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/
kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/ terjadi di waktu yang akan sesuai dengan konteks penggunaannya..
4.9 Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa mampu menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di
waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
E.
Materi Pembelajaran
Teks liasan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (Will
dengan Simple, Continuous, Perfect Tense)
Fungsi sosial
Menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian
yang akan,sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang.
Struktur teks
You will meet
her soon. She will be waiting for you there,. My classmate will have been here by the time you arrive.
Unsur kebahasaan
(1)
Will dengan simple, continuous, dan perfect tense.
(2)
Ucapan, tekanan, intonasi.
(3)
Ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas
dan rapi.
F.
Alokasi Waktu
9 X 45 menit (3Pertemuan @ 2 X 45 Menit, 3Pertemuan X 45 Menit).
G.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan :
Communicative Approach
Metode :
Discovery Learning
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-5
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
· Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 Menit
|
|
Inti
|
Mengamati
· Siswa menonton dan menyimak video
“hari kiamat” : www.youtobe.com yang menunjukan tindakan/kegiatan/kejadian
yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang,
dalam berbagai konteks.
· Siswa mengikuti interaksi untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
akan,sedang dan telah dilakuka/ terjadi di waktu yang akan datang selama proses
pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh
pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
akan,sedang,dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mengidentifiksi ciri-ciri pernyataan dan pertanyaan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi
diwaktu yang akan datang(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
|
25 Menit
|
|
Penutup
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
· Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
|
Pertemuan ke-6
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
· Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5
Menit
|
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan dan
membaca banyak pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu
yang akan datang, dalam
berbagai konteks.
· Siswa mengikuti interaksi untuk menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kegiatan /kejadian yang akan,
sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang selama
proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh pernyataan dan pertanyaan
tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu
yang akan datang
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri penyataan dan
pernyataan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
|
25 Menit
|
|
Penutup
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
· Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
|
Pertemuan ke-7
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
· Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 Menit
|
|
Inti
|
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan dan
pertanyaan tentang tindakan/kejadian yang terjadi diwaktu yang akan datang yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
|
25 Menit
|
|
Penutup
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
· Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
|
Pertemuan ke-8
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
· Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 Menit
|
|
Inti
|
Mengeksplorasi
· Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan dalam bahasa Inggris dalam
konteks tanyajawab dan kegiatan
lain yang terstruktur.
· Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu
yang akan datang dalam
bahasa Inggris selama proses
pembelajaran
|
25 Menit
|
|
Penutup
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
· Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
|
Pertemuan ke-9
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
· Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 Menit
|
|
Inti
|
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan tentang
tindakan/kejadian yang terjadi diwaktu yang akan datang yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara pernyataan dan pertanyaan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu
yang akan datang dalam
bahasa Inggris dengan pernyataan dan pertanyaan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
|
25 Menit
|
|
Penutup
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
· Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
|
Pertemuan ke-10
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
· Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 Menit
|
|
Inti
|
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang dengan
bahasa Inggris, di dalam kelas.
Siswa
menuliskan learning jurnal
|
25 Menit
|
|
Penutup
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
· Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
|
I.
Sumber/Media Pembelajaran
Sumber : Video, Suara Guru, Modul Siswa
Media : Laptop, Projector, Speaker
J.
Jenis Proses dan Hasil
Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
1.1 Siswa mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
|
Penilaian Observasi
|
Lembar Penilaian Sikap
|
2.2 Siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
|
Penilaian Observasi
|
Lembar Penilaian Sikap
|
3.7 Siswa menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/ kejadian yang akan, sedang, dan
telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
Penilaian Observasi Kinerja
|
Tes Tertulis
Rubrik Penilaian
|
4.9 Siswa menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan /kegiatan /
kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan
datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
Penilaian Observasi Kinerja
|
Tes Lisan
Rubrik Penilaian Presentasi
|
MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 5
Activity
1. Watch and Answer!
1. What
can you see in the video?
.........................................................................................................................................
2. What
is it about?
.........................................................................................................................................
3. When
will it happen?
.........................................................................................................................................
4. Where
it happen?
.........................................................................................................................................
5. How
is it?
.........................................................................................................................................
Activity 2. Teacher and students interaction
(Penerima pertanyaan dipilih
secara acak)
1. What will you do in the next
month?
2. What kind of job will you
take 10 years latter?
3. If your friend get higger
score in english subject, what will you say to the friend?
Activty 3. Repeat what the teacher say
1. I will come. He’ll come.
You’ll come
2. She’ll help us. They will
help us too.
3. I’m sure we’ll do well on
the test.
4. It’ll probably rain
tomorrow.
5. Asep will be here soon.
6. The weather will be hot in
August.
7. Nining will come tomorrow.
8. The children will be home at
3:00.
9. Who will be at the meeting?
10. How long will Farhan be
here?
Activity 4. Penutup
1.Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2.Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
Pertemuan 6
Activity 3. Fill in the blanks with the
correct form of verbs given in the brackets!
1. The
teacher ...................... in this morning. (arrive)
2. My grandfather..........................................................
me in doing my home work. (help)
3. I
................................. him at the party tomorrow. (see)
4. I
… my work and I …………… out to play soon with my sister. (finish, go)
5. He ……….….… the news, he
…………. In love to her. (hear, fall)
6. Father
…………….. all day for 2 days.
(work)
7. The
clouds ……………. the sky in the night.
(cover)
8. They
………….… a bridge across the river next
month. (build)
9. I......................................... to
Jakarta, I … Monas there.
(go, see)
10. The
teacher … a naughty student at school.
(punish)
Activity 4. Based on the exercise above,
what are adverbs of time used for expressing future events?
1. latter = Kemudian
2. ......................................... =.............................................................................................
3. ......................................... =.............................................................................................
4. ......................................... =.............................................................................................
5. ......................................... =.............................................................................................
6. ......................................... =.............................................................................................
7. ......................................... =.............................................................................................
8. ......................................... =.............................................................................................
9. ......................................... =.............................................................................................
10. ......................................... =.............................................................................................
11. ......................................... =.............................................................................................
12. ......................................... =.............................................................................................
13. ......................................... =.............................................................................................
14. ......................................... =.............................................................................................
15. ......................................... =.............................................................................................
16. ......................................... =.............................................................................................
17. ......................................... =.............................................................................................
18. ......................................... =.............................................................................................
19. ......................................... =.............................................................................................
20. ......................................... =.............................................................................................
Activity 5. Put the verbs in the
following sentences into future
simple!
1. I
go to school by car. (Fall
of = jatuh)
2. I
meet him on Tuesdays. (Put
up = give)
3. He
always wears black.
4. She
makes cakes every week.
5. He
gets up at 05.00 a.m.
6. He
understands us.
7. She
shuts the shop at 09.00 p.m.
8. They
speak slowly.
9. She
leaves the house at 07.00 a.m.
10. I
read a chapter every night.
11. You
eat too much.
12. We
see her everyday.
13. Tom
sings in the choir.
14. He
cries.
15. Who
knows the answer?
16. He
takes the dog out twice a week.
17. I
buy the book here.
18. I
dream every night.
19. He
often feels ill.
20. I
know that he wants.
21. I
usually pay him $ 10.
22. I
usually give them $ 25.
23. His
dog bites me.
24. I
cost $ 40.
25. My
back hurts.
26. I
lie down after lunch.
27. We
drink water.
28. The
roses grow well.
29. He
often falls of.
30. These
dogs fight whenever they meet.
31. She
puts up her prices every year.
RUBRIK PENILAIAN TES
TERTULIS
Mata Pelajaran = .............................................................................
Kelas/ Semester = .............................................................................
Tahun Ajaran = .............................................................................
Waktu Penilaian = .............................................................................
Bubuhkan
tanda V pada kolom-kolom sesuai pengamatan!
No
|
Nama
Siswa
|
Tata
Bahasa (Grammar)
|
Tanda
Baca (Punctuation)
|
Tulisan
Tangan (Handwriting)
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = Kurang
2 = Sedang
3 = Baik
4 = Sangat Baik
RUBRIK
PENILAIAN TES LISAN (PRESENTASI)
Mata Pelajaran = .............................................................................
Kelas/ Semester = .............................................................................
Tahun Ajaran = .............................................................................
Waktu Penilaian = .............................................................................
Bubuhkan
tanda V pada kolom-kolom sesuai pengamatan!
No
|
Nama
Siswa
|
Pengucapan
(Pronunciation)
|
Struktur
(Structure)
|
Bahasa
tubuh (Paralanguage)
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = Kurang,
2 = Sedang
3 = Baik
4 = Sangat Baik
LEMBAR
PENGAMATAN PERKEMBANGAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN
Mata Pelajaran = .............................................................................
Kelas/ Semester = .............................................................................
Tahun Ajaran = .............................................................................
Waktu Penilaian = .............................................................................
Karakter
yang diintegrasikan adalah Bersyukur, Jujur, Disiplin, Percaya Diri, dan
Bertanggung Jawab!
No
|
Nama
Siswa
|
Bersyukur
|
Jujur
|
Disiplin
|
Percaya
Diri
|
Bertang-gung
Jawab
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. BT
(Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
mengerjakan tugas.
2. MT
(Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit
dan belum ajeg atau konsisten.
3. MB
(Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg atau konsisten.
4. MK
(Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus menerus dan ajeg atau konsisten.
Mengetahui,
Guru Pamong Peserta
PPL
Sri Yesiningsih, S.Pd. Ita Juita
NIP : 1974123 0200701 2 007 NIM. 2010 041
117
yang kelas XI mana ne?
ReplyDeletethank a lot of all
ReplyDelete