It's Yours

I just wanna talk what I want to talk.
There's no big idea down, But hope the simple thought will be a great simplicity.

Monday, 21 October 2013

RPP Bahasa inggris dalam kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :    SMA Negeri 2 Kuningan
Kelas/Semester               :    X/1
Mata Pelajaran               :    Bahasa Inggris
Topik                              :    Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Pertemuan ke-                :    5 - 10
Alokasi Waktu               :    9 jam pelajaran (6 Pertemuan)
A.          Kompetensi Inti
1.            Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.            Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.            Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.            Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.           Kompetensi Dasar
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
C.           Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1    Siswa mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2    Siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7    Siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9    Siswa menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
D.          Tujuan Pembelajaran
1.1    Setelah kegiatan pembelajaran, siswa mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2    Setelah kegiatan pembelajaran, siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7    Setelah kegiatan pembelajaran, siswa mampu menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan sesuai dengan konteks penggunaannya..
4.9    Setelah kegiatan pembelajaran, siswa mampu menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

E.           Materi Pembelajaran
Teks liasan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (Will dengan Simple, Continuous, Perfect Tense)
Fungsi sosial
Menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang.
Struktur teks
You will meet her soon. She will be waiting for you there,. My classmate will have been here by the time you arrive.

Unsur kebahasaan
(1)         Will dengan simple, continuous, dan perfect tense.
(2)         Ucapan, tekanan, intonasi.
(3)         Ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
F.            Alokasi Waktu
9 X 45 menit (3Pertemuan @ 2 X 45 Menit, 3Pertemuan X 45 Menit).

G.          Strategi/Metode/Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan        :  Communicative Approach
Metode               :  Discovery Learning







H.          Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-5
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
KEGIATAN

Pendahuluan
·     Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 Menit

Inti
Mengamati
·      Siswa menonton dan menyimak video “hari kiamat” : www.youtobe.com yang menunjukan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang, dalam berbagai konteks.
·      Siswa mengikuti interaksi untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, akan,sedang dan telah dilakuka/ terjadi di waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·      Siswa menirukan contoh-contoh pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,sedang,dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifiksi ciri-ciri pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi diwaktu yang akan datang(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
25 Menit

Penutup
·      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
15 menit


Pertemuan ke-6
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
KEGIATAN

Pendahuluan
·     Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 Menit

Inti
Mengamati
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dalam berbagai konteks.
·      Siswa mengikuti interaksi untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan /kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·      Siswa menirukan contoh-contoh pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri penyataan dan pernyataan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
25 Menit

Penutup
·      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
15 menit

Pertemuan ke-7
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
KEGIATAN

Pendahuluan
·     Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 Menit

Inti
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kejadian yang terjadi diwaktu yang akan datang yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
25 Menit

Penutup
·      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
15 menit












Pertemuan ke-8
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
KEGIATAN

Pendahuluan
·     Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 Menit

Inti
Mengeksplorasi
·      Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan dalam bahasa Inggris dalam konteks tanyajawab dan kegiatan lain yang terstruktur.
·      Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran
25 Menit

Penutup
·      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
15 menit











Pertemuan ke-9
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
KEGIATAN

Pendahuluan
·     Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 Menit

Inti
Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan tentang tindakan/kejadian yang terjadi diwaktu yang akan datang yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·      Siswa membandingkan antara pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dengan pernyataan dan pertanyaan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
25 Menit

Penutup
·      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
15 menit











Pertemuan ke-10
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
KEGIATAN

Pendahuluan
·     Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 Menit

Inti
Mengkomunikasikan
·      Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang dengan bahasa Inggris, di dalam kelas.
Siswa menuliskan learning jurnal
25 Menit

Penutup
·      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
15 menit













I.             Sumber/Media Pembelajaran
Sumber   : Video, Suara Guru, Modul Siswa
Media     : Laptop, Projector, Speaker

J.             Jenis Proses dan Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.1 Siswa mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
Penilaian Observasi
Lembar Penilaian Sikap
2.2 Siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
Penilaian Observasi
Lembar Penilaian Sikap
3.7 Siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan sesuai dengan konteks penggunaannya.
Penilaian Observasi Kinerja
Tes Tertulis
Rubrik Penilaian
4.9 Siswa menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan /kegiatan / kejadian yang akan,sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Penilaian Observasi Kinerja
Tes Lisan
Rubrik Penilaian Presentasi



MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 5
Activity 1. Watch and Answer!
1.      What can you see in the video?
.........................................................................................................................................
2.      What is it about?
.........................................................................................................................................
3.      When will it happen?
.........................................................................................................................................
4.      Where  it happen?
.........................................................................................................................................
5.      How is it?
.........................................................................................................................................
Activity 2. Teacher and students interaction
(Penerima pertanyaan dipilih secara acak)
1. What will you do in the next month?
2. What kind of job will you take 10 years latter?
3. If your friend get higger score in english subject, what will you say to the friend?
Activty 3. Repeat what the teacher say
1. I will come. He’ll come. You’ll come
2. She’ll help us. They will help us too.
3. I’m sure we’ll do well on the test.
4. It’ll probably rain tomorrow.
5. Asep will be here soon.
6. The weather will be hot in August.
7. Nining will come tomorrow.
8. The children will be home at 3:00.
9. Who will be at the meeting?
10. How long will Farhan be here?
Activity 4. Penutup
1.Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2.Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya











Pertemuan 6

















Activity 3. Fill in the blanks with the correct form of verbs given in the brackets!
1.      The teacher ...................... in this morning. (arrive)
2.      My grandfather.......................................................... me in doing my home work. (help)
3.      I .................................  him at the party tomorrow. (see)
4.      I … my work and I …………… out to play soon with my sister. (finish, go)
5.      He ……….….… the news, he …………. In love to her. (hear, fall)
6.      Father …………….. all day for 2 days. (work)
7.      The clouds ……………. the sky in the night. (cover)
8.      They ………….… a bridge across the river next month. (build)
9.      I......................................... to Jakarta, I … Monas there. (go, see)
10.  The teacher … a naughty student at school. (punish)

Activity 4. Based on the exercise above, what are adverbs of time used for expressing future events?
1.      latter                                  = Kemudian
2.      ......................................... =.............................................................................................
3.      ......................................... =.............................................................................................
4.      ......................................... =.............................................................................................
5.      ......................................... =.............................................................................................
6.      ......................................... =.............................................................................................
7.      ......................................... =.............................................................................................
8.      ......................................... =.............................................................................................
9.      ......................................... =.............................................................................................
10.  ......................................... =.............................................................................................
11.  ......................................... =.............................................................................................
12.  ......................................... =.............................................................................................
13.  ......................................... =.............................................................................................
14.  ......................................... =.............................................................................................
15.  ......................................... =.............................................................................................
16.  ......................................... =.............................................................................................
17.  ......................................... =.............................................................................................
18.  ......................................... =.............................................................................................
19.  ......................................... =.............................................................................................
20.  ......................................... =.............................................................................................

Activity 5. Put the verbs in the following sentences into future simple!
1.      I go to school by car.                                                        (Fall of = jatuh)
2.      I meet him on Tuesdays.                                                   (Put up = give)
3.      He always wears black.
4.      She makes cakes every week.
5.      He gets up at 05.00 a.m.
6.      He understands us.
7.      She shuts the shop at 09.00 p.m.
8.      They speak slowly.
9.      She leaves the house at 07.00 a.m.
10.  I read a chapter every night.
11.  You eat too much.
12.  We see her everyday.
13.  Tom sings in the choir.
14.  He cries.
15.  Who knows the answer?
16.  He takes the dog out twice a week.
17.  I buy the book here.
18.  I dream every night.
19.  He often feels ill.
20.  I know that he wants.
21.  I usually pay him $ 10.
22.  I usually give them $ 25.
23.  His dog bites me.
24.  I cost $ 40.
25.  My back hurts.
26.  I lie down after lunch.
27.  We drink water.
28.  The roses grow well.
29.  He often falls of.
30.  These dogs fight whenever they meet.
31.  She puts up her prices every year.

RUBRIK PENILAIAN TES TERTULIS
Mata Pelajaran              =  .............................................................................
Kelas/ Semester            =  .............................................................................
Tahun Ajaran                =  .............................................................................
Waktu Penilaian           =  .............................................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai pengamatan!
No
Nama Siswa
Tata Bahasa (Grammar)
Tanda Baca (Punctuation)
Tulisan Tangan (Handwriting)
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15













16













17













18













19













20













Keterangan:
1    =    Kurang
2    =    Sedang
3    =    Baik
4    =    Sangat Baik
RUBRIK PENILAIAN TES LISAN (PRESENTASI)
Mata Pelajaran              =  .............................................................................
Kelas/ Semester            =  .............................................................................
Tahun Ajaran                =  .............................................................................
Waktu Penilaian           =  .............................................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai pengamatan!
No
Nama Siswa
Pengucapan (Pronunciation)
Struktur (Structure)
Bahasa tubuh (Paralanguage)
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15













16













17













18













19













20













Keterangan:
1    =    Kurang,
2    =    Sedang
3    =    Baik
4    =    Sangat Baik
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN
Mata Pelajaran              =  .............................................................................
Kelas/ Semester            =  .............................................................................
Tahun Ajaran                =  .............................................................................
Waktu Penilaian           =  .............................................................................
Karakter yang diintegrasikan adalah Bersyukur, Jujur, Disiplin, Percaya Diri, dan Bertanggung Jawab!
No
Nama Siswa
Bersyukur
Jujur
Disiplin
Percaya Diri
Bertang-gung Jawab
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1





















2





















3





















4





















5





















6





















7





















8





















9





















10





















11





















12





















13





















14





















15





















16





















17





















18





















19





















20





















21





















22





















Keterangan:
1.      BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas.
2.      MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit  dan belum ajeg atau konsisten.
3.      MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering  dan mulai ajeg atau konsisten.
4.      MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg atau konsisten.

Mengetahui,                                                                                                               
Guru Pamong                                                                          Peserta PPL



Sri Yesiningsih, S.Pd.                                                             Ita Juita
NIP : 1974123 0200701 2 007                                   NIM. 2010 041 117


2 comments:

Copyright at It's Yours - 2013

Designed by makmalf