It's Yours

I just wanna talk what I want to talk.
There's no big idea down, But hope the simple thought will be a great simplicity.

Tuesday, 5 November 2013

RPP Narrative 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
BAHASA INGGRIS PEMINATAN

Nama Satuan Pendidikan       : SMA NEGERI 2 KUNINGAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X/1
Materi Pokok                          : Narrative Text          
Alokasi Waktu                        : 6 X 45 menit

A.                Kompetensi Inti (KI)
KI 1  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.                Kompetensi Dasar:

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.7.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif  lisan dan tulis berbentuk cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9.   Menangkap makna jenis  teks naratif berbentuk cerita pendek, lisan dan tulis.


Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
Pertemuan 1

1.      Siswa membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam cerita pendek berbahasa Inggris dari berbagai sumber dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru berkaitan dengan cerita yang disajikan. (Video : Here and Tortoise)
2.      Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya cerita pendek.
3.      Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari cerita pendek melalui proses skimming, scanning dan inferencing, untuk mendapatkan informasi khusus.
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai cerita pendek yang ada dalam bahasa Inggris.

Pertemuan 2
·      Siswa membaca/mendengarkan beberapa cerita pendek dari berbagai sumber.
·      Siswa membacakan cerita pendek kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·      Secara berpasangan siswa saling menganalisis cerita yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Pertemuan 3
·      Menuliskan kembali cerita yang sudah dibacakan guru dengan versi pribadi.
·      Menceritakan kembali cerita pendek yang dibaca kepada teman dan guru
·      Siswa membuat kliping cerita pendek karya pribadi dengan analisis narrative secara rinci.
·      Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)


C.    Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan 1
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan menangkap makna teks narrative lisan dan tulis sederhana tentang cerita yang memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai, bertanggung jawab
Pertemuan 2
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menangkap  makna dan menyunting teks narrative lisan dan tulis sederhana tentang cerita yang memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai, bertanggung jawab
Pertemuan 3
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu menangkap makna dan menyusun teks narrative lisan dan tulis sederhana tentang cerita yang memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai, bertanggung jawab

D.      Materi Pembelajaran,
•        Teks narrative lisan dan tulis sederhana
Fungsi sosial
•        Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral melalui cerita pendek

Struktur text
(1)   Orientasi: menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya
(2)   Evaluasi: terhadap masalah yang dihadapi tokoh
(3)   Komplikasi: muncul krisis
(4)   Resolusi: krisis berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh

E.       Metode Pembelajaran; TBL (Task Based Learning)
     Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
•        Audio CD/
•        SUARA GURU
            VIDEO
•        www.dailyenglish.com
•        http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files
•        http://learnenglish.britishcouncil.org/en/

G.      Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 1
a.      Kegiatan Pendahuluan
•        menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
•        memberi motivasi belajar
•        mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
•        menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.      Kegiatan Inti
Mengamati
   •         Siswa menonton video narratuve yang ditayangkan guru.   
•        Siswa menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam video dengan bimbingan guru.
·                      Siswa menganalisis unsur kebahasaan yang muncul dalam cerita pendek yang ditonton/dibacakan.
·                      Siswa membaca beberapa teks dalam bentuk narrative dalam buku teks (Developing English)dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakan ringkasan yang dibacanya. Setelah itu siswa menonton video narratuve yang ditayangkan guru. (Siswa melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan guru.
•        Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks yang diberikan.
Menanya
•        Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks narrativei yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
•        Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks narrative
Mengeksplorasi
•        Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok pada tahap mengamati dan ditanggapi oleh kelompok lain
•        Siswa secara kelompok membacakan teks narrative dengan tema yang sudah ditentukan yang sudah dibawa dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
•        Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks narrative yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi
•        Dalam kerja kelompok terbimbing siswa  menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan cerita pendek dengan fokus pada  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
•        Siswa mengelompokkan teks narrative sesuai dengan fungsi sosialnya.
•        Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
•        Menyampaikan hasil kerja kelompok tentang cerita pendek sesuai dengan panduan yang disiapkan guru.
•        Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang cerita pendek karangan pribadi dan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami (learning journal).
c.      Penutup
•        memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation.
 You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class.
How about you, did you enjoy my class?
•        melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
•        menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 2
a.      Kegiatan Pendahuluan
•        menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
•        memberi motivasi belajar
•        mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
•        menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.      Kegiatan Inti
Mengamati
•        Siswa mendengarkan cerita pendek sambil melengkapi format yang disediakan guru.
•        Siswa secara bergantian membacakan cerita pendek masing-masing.
•        Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari narrative teks yang dibacakan teman dengan mengisi blangko.
Menanya
•        Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks narrative yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan
•        Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks narrative
Mengeksplorasi
•        Siswa secara kelompok dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
•        Siswa berpasangan membaca teks narrative lain untuk menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca.
•        Berkelompok 4 orang, siswa menyunting teks narrative lisan dengan tema tertentu yang diberikan guru dari segi struktur dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
•        Siswa membedakan teks narrative yang sudah disunting sesuai dengan fungsi sosialnya.
•        Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
•        Siswa menyunting narrative text yang disediakan guru.
•        Siswa menyampaikan hasil suntingannya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
c.      Penutup
•        memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
•        You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
•        Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
•        melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individua membaca beberapa teks narrative.
•        menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan

Pertemuan 3
a.      Kegiatan Pendahuluan
•        menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
•        memberi motivasi belajar
•        mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
•        menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.      Kegiatan Inti
Mengamati
•        Siswa mendengarkan narrative text yang dibacakan oleh guru ataupun oleh teman.
•        Siswa membuat rangkuman atau menceritakan kembali cerita yang didengarnya kedalam bentuk tulisan.
•        Siswa menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam cerita pendek  tersebut dengan bimbingan guru.
Menanya
•        Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks narrative yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan
Mengeksplorasi
•        Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar.
•        Berkelompok, siswa menceritan ulang cerita pendek favoritnya pada anggota kelompok dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari.
Mengasosiasi
•        Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan teks narrative yang disusun oleh teman anggota kelompok dengan fokus pada  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
•        Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
•        Berkelompok, siswa menyusun teks narrative tertentu sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya
•        Siswa menyampaikan ceritanya didepan guru dan teman dal bentuk drama.

c.      Penutup
•        memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
•        For all of you, thank you very much for your participation.  Good job, I like your performance today. Almost all of active. I hope next time all of you have to be active in the class. Okay?  Now as ususal Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
•        Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
•        melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
•        menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

H.     Penilaian Hasil Pembelajaran
Kriteria Penilaian Kinerja dan Tugas
•        Pencapaian fungsi sosial
•        Kelengkapan dan keruntutan struktur teks narrative
•        Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
•        Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
KINERJA (Praktik)
•        Melakukan monolog tentang narrative teks di depan kelas / berpasangan
•        Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks deskriptif
Speaking Rubric
Apprentice
Basic
Learned
Exemplary
·      Presentation shows lack of interest.
·      Speech is difficult to understand.
·      Lack of eye contact.
·      Knowledge is minimal.
·      Volume is uneven.
·      Lacks of focus.
·      Lacks of information.
·      Grammatical errors.
·      Presentation shows lacks of enthusiasm.
·      Speech is adequate.
·      Lapses in sentence structure and grammar.
·      Fact is not included.
·      Volume is uneven.
·       Speech is clear.
·       Eye contact is made intermittently.
·      Grammar is usually correct.
·      Knowledge and facts are partially included.
·      Volume is appropriate.
·       Speech is clear.
·       Eye contact is made.
·      Grammar is conventional.
·      Knowledge and facts are included.
·      Volume is appropriate.

Penugasan/Uulangan Hharian
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks deskripsi
observasi: 
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik : Kosong

PORTOFOLIO
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Siswa : ________________________________________ 
Kelas                        :  _______________________________________
Guru                         : ________________________________________

NO
Kriteria               Nilai                Aspek
SB
B
C
K
1.
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar
5 kriteria terpenuhi
4 Kriteria terpenuhi
3 Kriteria terpenuhi
 ≤ 2 kriteria terpenuhi
2.
Ada rekaman monolog teks narrative
3.
Ada kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks narrative  berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
4.
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
5.
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat


Format 2
NILAI
KRITERIA
TERBATAS
MEMUASKAN
MAHIR
Melakukan Observasi          
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
 Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
Semua Jelas dan Rinci
Role Play
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
 Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
Menyunting Teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi

Penilaian Diri 
Bentuk: Jjurnal Bbelajar
Contoh Format:
                                              My Learning Journal

Name: _________________
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:

Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek






                                                                                Kuningan, 29 Oktober  2013


Mengetahui,                                                                                                               
Guru Pamong                                                                          Peserta PPL



Sri Yesiningsih, S.Pd.                                                             Ita Juita
NIP : 1974123 0200701 2 007                                               NIM. 2010 041 117



No comments:

Post a Comment

Copyright at It's Yours - 2013

Designed by makmalf